Sprei Bahan Katun Lokal

Info Sprei Bahan Katun Lokal

Info Sprei Bahan Katun LokalKatun lokal dikenal juga sebagai katun panca yang terbuat dari 75% katun dan 25% polyester. Sprei bahan katun lokal dikenal adem dan nyaman untuk digunakan, namun dengan kelembutan yang masih di bawah jenis katun lainnya. Pada umumnya harga katun ini dapat dijangkau oleh masyarakat kelas menengah hingga ke atas.
Mengapa sprei bahan katun lokal menggunakan campuran dari bahan katun dan juga polyester? Untuk memahami perbedaan bahan katun dengan polyester, hal ini dapat dilihat dari karakter bahannya. Bahan katun adalah kain yang diolah bahan bakunya dari kapas. Kita tahu bahwa jenis katun adalah bahan kain yang halus, lembut dan sejuk terasa di kulit kita. Jenis Katun adalah bahan baku yang paling banyak digunakan untuk pembuatan kain sprei dikarenakan beberapa kelebihannya, antara lain :
1. Bahan lembut dan dingin
2. Tidak luntur untuk bahan berwarna
3. Mudah disablon
4. Menyerap keringat
5. Tidak berbulu

Kekurangan Sprei Bahan Katun Lokal

Namun demikian disamping kelebihan2 tadi, ada beberapa kelemahan bahan katun, seperti :
1. Mudah susut setelah dicuci
2. Mudah kusut bila ada sentuhan
3. Rusak bila direndam > 2 jam dengan detergen
4. Rentan terhadap jamur

Oleh karena adanya kelemahan-kelemahan tersebut maka para ahli dibidang textile berusaha menghilangkan kelemahan-kelemahan katun tersebut dengan pencampuran bahan kain polyester, yaitu jenis kain yang bahan bakunya dari serat sintetis. Dipilihnya bahan polyester tersebut dikarenakan bahan polyester serat sintetis ini dapat menutupi kelemahan bahan katun, dimana serat polyester ini :
1. Tidak susut jika dicuci
2. Tidak mudah kusut
3. Tahan bila direndam dengan detergent2 kimia
4. Tahan terhadap jamur kain.

Pencampuran kedua bahan ini, katun dan polyester menjadikan sprei bahan katun lokal menjadi lebih baik kualitasnya. Namun harus diingat bahwa bahan polyester dibuat dari serat sintetis sehingga terasa agak panas kainnya.
Semakin besar komposisi katun dibandingkan polyester maka kualitas bahan menjadi lebih bagus. Sebaliknya semakin kecil komposisi katun dibandingkan polyester, maka semakin kurang nyaman kualitas bahan kain.
Penggunaan katun panca sebagai sprei bahan katun lokal menjadikan kasur cukup dingin saat dipakai, selain itu katun panca juga memiliki daya serap keringat yang cukup baik dikarenakan adanya bahan katun didalamnya. Sprei bahan katun lokal ini pun memiliki kelebihan lainnya yaitu tidak berbulu setelah dicuci dan warna sprei yang cukup awet untuk Anda gunakan.
Warna-warna sprei bahan katun lokal terlihat lebih terang dan solid karena kandungan polyesternya yang cukup banyak. Untuk motif-motif yang memiliki warna tebal, bahan terasa lebih kaku. Jenis bahan ini cukup banyak diminati karena harganya yang cukup miring dan kualitas lebih baik dari bahan full Polyester. Thread Count (TC) bahan ini biasanya berkisar 144 sehingga kurang rapat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.